Kamis, 14 Mei 2009

Sekolah Gratis

. Kamis, 14 Mei 2009

Mulai tahun 2009 pemerintah memberlakukan peraturan sekolah gratis bagi siswa SD dan SLTP. Paling tidak berita ini yang sering muncul di media massa maupun elektronik. Hal ini ialah kemajuan dibidang pendidikan, diharapkan adanya program sekolah gratis ini akan meningkatkan minat belajar masyarakat indonesia yang kenyataanya masih banyak yang buta huruf. Bukan tidak mungkin suatu saat indonesia akan menjadi negara nomor satu di bidang pendidikan.
Indonesia terkenal dengan SDA yang melimpah akan tetapi mengapa rakyatnya masih banyak yang putus sekolah? Hal ini menjadi polemik di masyarakat kita, banyak SDA yang diambil oleh negara lain. Apakah memang rakyat indonesia yang tidak mau bersekolah ataukah biaya yang membuat rakyat tidak bersekolah. Sekolah gratis harus dimanfaatkan oleh seluruh rakyat indonesia tidak terkecuali agar angka kemiskinan berkurang, pengangguran mulai hilang, dan SDA benar- benar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kemakmuran rakyat.
Permasalahan yang muncul ialah, apakah ada unsur politik di samping munculnya program sekolah gratis ini? Kita tahu program ini muncul menjelang akhir jabatan pemerintahan, semoga ini memang benar- benar program yang murni dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia. Program sekolah gratis harus terus di laksanakan agar program ini terealisasi dengan baik sehingga seluruh rakyat indonesia dapat menikmati sekolah dan menuntut ilmu untuk menatap masa depan yang lebih cerah.

1 comments:

D'EC mengatakan...

ya dech pak guru, semangat jadi guru yang berguna bagi pendidikan di lamongan yach...he
semoga semakin banyak model pembelajaran yang tercipta!