Rabu, 06 Mei 2009

Mengapa harus media elektronik?

. Rabu, 06 Mei 2009

Dunia semakin berkembang dengan berbagai kemajuan yang memanjakan manusia dalam mengarungi hidup ini. Teknologi yang bisa mewakili kehadiran kita untuk bertemu orang lain semakin banyak digemari, seperti friendster dan yang lebih trend lagi facebook, hal itu bahkan sudah menjadi gaya hidup yang wajib diikuti. Akan tetapi semua ada kelebihan dan kelemahan, bergantung bagaimana cara kita menyikapi kemajuan itu.
Berkembangnya teknologi juga memengaruhi gaya pendidikan di Indonesia, guru yang dituntut harus inovatif, mengajar harus menggunakan media, membuat guru mulai belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran di kelas, seperti power point, flash, dvd player, internet dan lain sebagainya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada daerah pedalaman yang jauh dari peradaban, jauh dari pengaruh berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi juga berpengaruh sangat besar terhadap siswa, katakan saja internet yang sekarang menjadi tempat nongkrong siswa, bahkan orang dewasa sampai orang tua banyak yang terbius oleh internet.
Media elektronik sangat efisien dan efektif digunakan dalam pembelajaran, hal ini disebabkan siswa saat ini lebih tertarik dengan teknologi, siswa yang tidak mengetahui teknologi berlomba- lomba untuk belajar, bahkan tidak sedikit uang saku yang mereka keluarkan hanya agar tidak dianggap “kuper” oleh teman- temanya.
Penggunaan media elektronik harus sesuai dengan situasi dan kondisi dimana mengajar, mengajar di kota yang sudah maju teknologinya berbeda dengan mengajar di desa yang jauh dari teknologi. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh guru dalam menentukan media pembelajaran, disamping itu media pembelajaran harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa agar terjadi kesinambungan antara materi dengan media yang digunakan.

0 comments: