Rabu, 06 Mei 2009

Komputer Sebagai Media Pembelajaran

. Rabu, 06 Mei 2009

Perkembangan teknologi komputer membawa banyak perubahan pada sebuah program aplikasi seharusnya didesain terutama pada upaya menjadikan teknologi ini mampu memanipulasi keadaan sesungguhnya. Penekanannya terletak pada upaya yang berkesinambungan untuk memaksimalkan aktifitas belajar mengajar sebagai interaksi kognitif antara siswa, materi subjek, dan instruktur ( dalam hal ini komputer yang diprogramkan ). Sistem – sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada para siswa melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan kedalam sistem, inilah yang disebut pengajaran dengan bantuan komputer.
Kegiatan pembelajaran dengan bantuan komputer atau lebih dikenal sebagai Computer Based Instruction ( CBI ) merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer, baik sebagian maupun secara keseluruhan. ( Rahmat Setiadi dan Akhril Agus 2000 :3 ).
Pembelajaran Berbasis Komputer (CBI) adalah sebuah konsep baru yang sampai saat ini banyak jenis desain dan implementasinya, tentunya dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. Kondisi ini muncul sebagai wujud nyata dari globalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dewasa ini, CBI telah berkembang menjadi berbagai model dimulai dari CAI ( Computer Assisted Instruction ), kemudian mengalami perbaikan menjadi ICAI ( Intelligent Computer Assisted Instruction ), dengan dasar orientasi aktifitas yang berbeda muncul pula CAL (Computer Assisted Learning ), CBL (Computer Based Learning ), CAPA ( Computer Assisted Personalized Assigment ), dan ITS ( Intelligent Tutoring System ).
Secara umum bahan belajar ini menjelaskan tentang makna komputer sebagai salah satu media dalam pembelajaran dan penyusunan bahan belajar berbasis komputer.

0 comments: